PMI Apresiasi Gunner Spray, Semprot Disinfektan Sepanjang 20 Kilometer pada Jalan Utama Kota Cirebon

oleh -38 views
BERI PENJELASAN: Ketua Markas PMI Provinsi Jawa Barat, Erlan memberikan penjelasan hadirnya mobil Gunner Spray di Kota Cirebon.

CIREBON – Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Barat turun tangan. Bersama PMI Kota Cirebon, PMI Jawa Barat menurunkan mobil Gunner Spray keliling ruas jalan utama Kota Cirebon, melakukan menyemprotkan disinfektan.

Hadir langsung Sekda Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi, Ketua Markas PMI Provinsi Jawa Barat Erlan, Ketua PMI Cabang Kota Cirebon dr H M Edial Sanif SpJP FIHA, serta pengurus PMI Sumarni, Ir Odi Suryadi MM, H Slamet, dan Uus Kusmana. Penyemprotan dilakukan di halaman Balaikota Cirebon, kemarin (17/11).

Ketua PMI Kota Cirebon, dr H M Edial Sanif SpJP menjelaskan, pandemi dari waktu ke waktu sangat dinamis. Terkadang  naik turun dan ini jadi tantangan. “Saya dan Pak Sekda bukan saja sebagai praktisi, tapi mengalami sendiri karena pernah terkena Covid-19,” ujarnya.

Edial juga mengapresiasi relawan dan tenaga kesehatan. Dia berharap, semoga relawan dan tenaga kesehatan bersemangat dalam berjuang dan bahun-membahu Pemerintah Kota Cirebon dalam menangani Covid-19. Sebab, pemerintah dan PMI bersatu, bersama-sama menjalankan misi kemanusiaan.

“Terima kasih tim Gunner Spray PMI Provinsi Jawa Barat yang melakukan penyemprotan sepanjang jalan utama Kota Cirebon. Penyemprotan ini penting untuk pencegahan Covid-19,” kata Edial.

Edial menjelaskan, meski hanya sehari, keberadaan Gunner Spray di Kota Cirebon bisa menyusuri jalan utama sepanjang 20 kilometer. Dirinya berharap, melalui penyemprotan ini, bisa mengurangi virus Corona yang tersebar. “Mudah-mudahan bisa membantu pemberantasan Covid-19 di Kota Cirebon,” harapnya.

Kepala Markas PMI Provinsi Jawa Barat, Erlan mengatakan, di tengah pandemi, Gunner Spray sudah melakukan penyemprotan di tujuh ribu lokasi sejak Maret 2020 sampai sekarang. Jumlah yang disemprotkan sebanyak 283 ribu liter disinfektan. 

“3,3 juta masyarakat menerima manfaatnya. Angka ini akan terus bertambah di wilayah Kota Cirebon. Spraying ini juga dilaksanakan di fasilitas umum hingga 1.291 tempat dan instansi, hingga dua ribu lebih,” ungkapnya.

Sekda Drs Agus Mulyadi MSi menegaskan bahwa Covid-19 secara nyata memang ada. Tapi saat ini tidak pernah tahu kapan pandemi akan berakhir. “Tentu saja ini menjadi semangat kami melakukan upaya perlawanan terhadao Covid-19. Termasuk bagaimana mengedukasi masyarakat bahwa Covid-19 masih ada,” ujarnya.

“Sebagian masyarakat sudah mulai lelah menerapkan protokol kesehatan. Keberadaan Gunner Spray ini semoga bisa membantu memutus mata rantai Covid-19,” harapnya.

Pemerintah Kota Cirebon saat ini menyediakan dua hotel, yakni Hotel Langensari dengan kapasitas 45 kamar dan Hotel Onos dengan kapasitas 42 kamar, untuk tempat isolasi. Pihaknya bersyukur tingkat kesembuhan relatif lebih tinggi. “Ini bagian ikhtiar kita tetap mencoba melakukan penanganan. Koordinasi dengan daerah sekitar tetap penting. Ekonomi tetap produktif tapi kita tetap aman dari pandemi Covid-19. Terima kasih kepada PMI Provinsi Jawa Barat yang membantu kami,” pungkasnya. (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *