100 Wisatawan Reaktif Rapid Test

oleh -55 views
TES CEPAT: Sejumlah wisatawan luar Kabupaten Bandung tengah menunggu giliran untuk menjalani rapid tes di Gedong Budaya Sabilulungan. FOTO: IST/RADAR CIREBON

BANDUNG – Pemprov Jabar melakukan pengetesan Covid-19 secara acak terhadap wisatawan pada sejumlah destinasi wisata dan pintu masuk Jabar. Setidaknya, ada 54 titik pengetesan selama libur panjang pada pekan ini.

Hingga Jumat (30/10), sebanyak 100 orang terdeteksi reaktif dalam pengetesan acak tersebut. “Ada 100 orang reaktif, langsung swab tapi belum keluar hasilnya,” ungkap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil kepada wartawan.

Ridwan Kamil tak menjelaskan lebih detail terkait lokasi pengetesan yang menjaring 100 orang tersebut. Ia hanya menegaskan, pengetesan bagian dari upaya meredam lonjakan kasus Covid-19 semasa libur panjang akhir Oktober ini.

“Pemeriksaan tes masif pun kami lakukan pada 54 titik. Pengetesan secara acak melalui metode rapid test. Apabila ada yang reaktif akan berlanjut dengan swab test,” jelasnya.

Ridwan Kamil, yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jabar juga telah menggelar rapat koordinasi virtual bersama Menko Kemaritiman dan Investasi.

Rakor membahas antisipasi dampak libur panjang terhadap potensi kenaikan kasus Covid-19.

Ridwan Kamil menyebut, terdapat 14 kab/kota di Jabar yang kerap menjadi lokasi kunjungan wisatawan saat libur panjang.

Pengawasan penerapan protokol kesehatan dan pengetesan acak amat krusial untuk menekan potensi lonjakan kasus Covid-19.

Karenanya, ia meminta wisatawan dan pelaku perjalanan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *