Pemkab Majalengka Bakal Gandeng FK Unswagati Tes Swab

oleh -133 views
Evaluasi-PSBB-Majalengka
EVALUASI: Bupati Majalengka menggelar pertemuan dengan Forkopimda dan unsur terkait, membahas rencana pasca PBB Selasa (26/5). FOTO: ISTIMEWA/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka melakukan evaluasi terkait kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa (26/5). Pemkab Majalengka tercatat sudah memberlakukan PSBB sampai dua tahap.

Dalam pertemuan tersebut mengemuka upaya membangun kultur dan budaya protokol kesehatan Covid-19 bagi masyarakat pasca masa darurat atau PSBB tahap 2 yang akan berakhir beberapa hari ke depan.

Pada kesempatan itu, Forkopimda dan peserta rapat menuangkan saran dan pendapat mengenai penanggulangan Covid-19. Bupati Majalengka Karna Sobahi menuturkan, tengah mengkaji kebijakan yang akan diambil pasca PSBB 29 Mei mendatang.

“Pemkab Majalengka bersama Forkopimda akan tetap memperkuat pemberlakuan protokol Covid-19 yang diarahkan pada proses pembentukan kultur masyarakat, sebagai strategi budaya dan berdamai dengan virus corona,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka itu.

Langkah yang harus diperkuat yakni komitmen pencegahan Covid-19 yakni tidak melakukan aktivitas berkerumun, tetap menjaga jarak, menggunakan masker, serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

“Semua itu akan secara massal diberlakukan di berbagai tempat, baik di pusat perekonomian, budaya, perkantoran, kegiatan keagamaan dan pusat-pusat kegiatan masyarakat lainnya,” tuturnya.

Pemkab Majalengka, kata Karna, juga akan melakukan kerja sama tes swab dengan Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon. Saat ini swab cukup 1 hari hasilnya sudah dapat diketahui dan alatnya akan dibeli.

“Kita juga kan semakin intensif melakukan pendampingan dalam tata kelola penggunaan anggaran Covid-19, sesuai instruksi Kejaksaan Agung guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso, Komandan Kodim 0617 Majalengka Letkol Inf Harry Subarkah PSC MSc, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka Eman Suherman, Satgas Keagaaman Covid-19, tim gugus tugas Covid-19, serta para undangan lainnya. (iim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *