Soal Kursi Pimpinan DPRD, Affiati dan Fitrah Malik Dianggap Bukan Kader Gerindra

oleh -7 views
KURSI DPR
Ilustrasi.

CIREBON-Keputusan DPC Partai Gerindra Kota Cirebon mengusulkan dua nama untuk calon wakil ketua DPRD ke DPP, dipersoalkan dewan penasehat (wanhat). Mereka meminta kandidat yang juga calon legislator terpilih, Affiati dan Fitrah Malik dianulir dari daftar usulan pimpinan DPRD.

Wanhat Partai Gerindra Enjo Suharjo menyayangkan tindakan sepihak dari pengurus. Dalam pengusulan Affiati dan Fitrah Malik, wanhat tidak ajak bicara. Padahal pengusulan tersebut merupakan keputusan yang sangat penting. “DPC jangan main-main menunjuk ketua dewan dan jangan sembarang,” katanya dalam sesi press release, Kamis (1/8).

Enjo bahkan mendesak kepada DPC untuk menarik kembali keputusannya dan mengganti dengan nama yang kredibel. Mereka yang diusulkan juga harus mengetahui berbagai persoalan Kota Cirebon. “Ini kita mau mengusulkan calon pimpinan dewan. Carikan yang bisa bekerja,” tegas Enjo.

Pihaknya menilai di Gerindra banyak yang sudah berjuang lama dan bisa memimpin. Apalagi posisi pimpinan DPRD sangat krusial. Wanhat, kata Enjo, sulit menerima nama-nama yang diusulkan DPC. Ketua Wanhat Partai Gerindra  Awan Darmawan  prihatin dengan tindakan sepihak DPC.

Apalagi yang diusulkan bukan kader, bukan struktural. Ia pun menyoal DPC yang belakangan sering jalan sendiri. Padahal semasa merintis, setiap ada keputusan semua selalu dibicarakan dengan wanhat. “Kami mendesak DPC merevisi usulan ke DPP,” tuturnya.

Hal senada juga diukatakan H Budi Permadi. Menurutnya rekam jejak calon ketua DPRD harus jelas. Meski usulan adalah kewenangan ketua DPC, tetapi setidaknya wanhat dimintai pertimbangan. Bahkan bila ada yang berbau transaksional, Budi tidak segan mempolisikan pengurus yang terlibat. “Kalau terbukti, kita tidak segan-segan untuk mempolisikan,” tegasnya.

Di lain pihak, hingga berita ini diturunkan Ketua DPC Partai Gerindra, Eman Sulaeman belum dapat dikonfirmasi. Tiga hari terakhir, mantan anggota DPRD periode 2009-2014 itu sulit dihubungi dan tidak merespons permintaan wawancara.

Sementara itu, mengacu pada berkas usulan partai politik yang berhak mengajukan pimpinan DPRD, semuanya mengusullkan muka-muka baru. Kecuali Partai Demokrat yang kembali mengusung Handarujati Kalamullah dan Yuliarso.

Sejauh ini sudah ada enam calon pimpinan DPRD berdasarkan usulan partai. Partai Gerindra juga sudah mengirimkan dua nama untuk calon ketua DPRD. Sumber internal DPC Gerindra Kota Cirebon menyebutkan, kandidatnya adalah Fitrah Malik dan Affiati.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga sudah mengirimkan tiga nama yang ke DPP yakni, Imam Yahya, Benny Sujarwo dan Fitria Pamungkaswati. Ketiganya adalah unsur struktural di kepengurusan DPC yakni, ketua, sekretaris dan bendahara. (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *