Penerangan Jalan Gadel-Pangkalan Pari Tak Berfungsi

oleh -8 views
PJU-akses-jalan-BIJB-(1)
TIDAK BERFUNGSI: Sejumlah PJU di Jalan Raya Gadel-Pangkalan Pari sudah mati. Warga minta perbaikan dan penambahan PJU. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Raya Gadel-Pangkalan Pari masih minim. Bahkan, ada beberapa PJU yang juga mati.

Kondisi itu disesalkan warga setempat. Pasalnya, jalan raya itu merupakan akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Pemerintah Desa Gadel, Usman, mengatakan, masih minimnya PJU di daerah perbatasan antara Kabupaten Indramayu dan Majalengka yang merupakan jalan akses utama menuju BIJB, masih butuh perhatian pihak terkait. Ditambah lagi, kata Usman, jalan tersebut merupakan jalan provinsi akses masuk ke BIJB.

Menurut Usman, pengendara hanya mengandalkan penerangan dari kendaraan saja. Dengan kondisi jalan perbatasan yang sepi, minimnya lampu penerangan, dan jarak yang jauh antara pemukiman lintas perbatasan, membuat jalan sangat rawan terjadi kecelakaan dan tindak kejahatan.

“Apalagi kondisi jalan yang panjang dan merupakan semak-semak, sehingga pengendara perlu meningkatkan kewaspadaan,” katanya.

Sebagai pemerintah desa, lanjut Usman, menyampaikan keluhan warga agar segera di pasang PJU di jalan perbatasan. Karena akses jalan utama masuk ke BIJB dari Kabupaten Indramayu.

Hal senada diungkapkan warga setempat, Karyan (45). Dia sangat berharap kondisi PJU yang miring dan tidak lagi berfungsi dapat menjadi fokus perhatian dan bisa lebih cepat dilakukan perbaikan agar pengendara tidak lagi waswas saat berkendara di malam hari.

Karyan berharap, PJU di jalan perbatasan Gadel dan Pangkalan Pari bisa dipasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), dibandingkan  PJU konvensional yang sering mati dan mudah rusak.

“Paling rawan pemotor, kasihan jika malam hanya mengandalkan penerangan seadanya, apalagi jalan sepi walaupun jadi akses masuk utama ke BIJB via Kabupaten Indramayu,” tuturnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *