Perpusda Hadirkan Daftar Pengunjung Digital

oleh -12 views
DIGITAL: Perpusda Kabupaten Cirebon hadirkan mengdaftar pengunjung digital untuk mempermudah pengunjung memasukan data dirinya. FOTO: ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON
DIGITAL: Perpusda Kabupaten Cirebon hadirkan mengdaftar pengunjung digital untuk mempermudah pengunjung memasukan data dirinya. FOTO: ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Cirebon, menghadirkan daftar pengunjung digital. Tujuannya, untuk mempermudah pengunjung dalam memasukan data dirinya.

Jika sebelumnya pengunjung Perpusda harus menuliskan data diri secara manual pada secarik kertas, kini tidak lagi. Daftar pengunjung digital, memenuhi kebutuhan yang belum ada sebelumnya.

Seperti membuat kartu anggota, dan memasukan data pengunjung melalui kartu anggota yang telah dibuatnya.

Mereka hanya perlu menyejajarkan barcode di kartu anggota dengan scanner yang tersedia. Secara otomatis, pengunjung yang telah terdaftar, identitasnya akan masuk pada daftar pengunjung di hari itu.

Fasilitas yang ada, tentunya dianggap memudahkan. Selain mempersingkat waktu, juga menghemat kertas dan tinta yang dikeluarkan.

Kasi Layanan Perpusda Kabupaten Cirebon, H Harcan mengatakan, layanan maupun pelayanan akan terus di tingkatkan demi menarik minat pembaca untuk mengunjungi perpustakaan.

“Kita akan terus berupaya dalam menarik minat pengunjung untuk mengunjungi perpustakaan. Berbagai kelas kerajinan juga kita lakukan hampir setiap harinya.

Yang terbaru ada handy craft, kelas komputer, dan bahasa inggris. Selain itu, tahun 2019, kita juga membuka jam layanan setiap hari,” paparnya.

Selain daftar pengunjung digital, identitas anggota di Perpusda juga telah berbentuk kartu layaknya SIM dan KTP. Sebelumnya, hanya sebatas kertas biasa yang mudah sobek dan rusak.

Salah satu pengunjung, Zilli (22), juga merasakan betul perubahan demi perubahan yang ada di Perpusda. Karenanya, ia mengaku semakin ingin mengunjungi perpustakaan yang ada di Kecamatan Sumber itu.

Kata Zilli, selain untuk membaca buku, Perpusda sangat cocok digunakan untuk berdiskusi mengenai pembelajaran di Kampus. Terlebih dirinya sebagai Mahasiswa Semester 8 yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

“Tambah lengkap fasilitasnya. Selain membaca buku, di Perpusda juga cocok tempatnya buat mengerjakan tugas. Karena ada fasilitas wifi nya juga. Semoga saja terus ditingkatkan untuk menggaet (mengajak, red) orang untuk gemar membaca,” katanya. (ade)